6 Cara Mudah Menghemat Penggunaan Air

Air merupakan kebutuhan hidup yang harus ada setiap saat. Banyak aktivitas kita melibatkan air sebagai komponen utama, seperti mencuci, mandi, dan minum. Kita diharuskan meminum air putih 8 gelas perhari untuk melancarkan peredaran darah dan agar sistem pencernaan bekerja dengan baik. Sudah seharusnya kita menjaga sumber daya alam ini meskipun sumber air mungkin tidak akan habis, tetapi jumlah air bersih semakin berkurang apalagi diperkotaan padat penduduk.

Penyediaan air bersih yang seharusnya lancar dan semua lapisan masyarakat dapat menikmati tetapi dengan adanya aktivitas penebangan hutan, lahan hijau dijadikan perumahan dan sungai menjadi tempat pembuangan sampah membuat air bersih semakin sulit didapat. Oleh karena itu, mari lakukan hal mudah dan sederhana berikut sebagai usaha untuk menghemat air.

1. Saat Mandi Gunakan Air Seperlunya

Biasanya kita menghabiskan air sampai beberapa gayung untuk menyiram badan kita padahal dengan menggunakan gayung ada banyak air yang terpakai untuk membersihkan sisa busa sabun di badan kita. Untuk menghemat penggunaan air sebaiknya gunakan shower saja karena dengan menggunakan shower kita dapat membatasi penggunaan air. Dan ketika anda keramas sebelum disiram, sabuni terlebih dahulu badan anda agar air yang berasal dari bilasan keramas dapat terpakai untuk menghilangkan busa di badan sekaligus.

2. Tutup Kran Air dengan Betul

Saat kita terburu-buru menutup kran air pasti air dapat mengalir dari sela-sela kran yang tidak tertutup sempurna. Jangan biarkan air kran mengalir percuma. Bayangkan berapa tetes air yang terbuang saat kita membiarkan kran tidak tertutup sempurna. Air tersebut akan terbuang percuma. Jadi periksalah kran air sebelum anda selesai menggunakannya tutup kran dengan benar sampai tidak ada air yang menetes.

3. Memperbaiki Kebocoran

Mungkin ada yang anda tidak ketahui bahwa saluran air di rumah anda bisa saja bocor. Kebocoran tersebut dapat membuat air mengalir dan terbuang keluar pipa. Oleh karena itu, sebaiknya sering-seringlah cek saluran pipa di rumah dan jika terjadi kebocoran maka segera perbaiki kebocoran tersebut, dengan begitu anda sudah melakukan upaya penghematan air.

4. Menghemat Air Saat Mencuci Piring

Biasanya karena piring kotor maka kita bisa bebas menggunakan air semau kita agar piring yang kita cuci menjadi bersih. Akan tetapi hal tersebut tidak benar karena kita membuang air yang semestinya bisa dihemat penggunaannya. Siram piring dengan air sedikit saja untuk membasahi piring kemudian sabuni dulu semua piring setelah itu bilas di air mengalir sehingga kita dapat mengatur besar kecil air mengalir yang kita gunakan.

5. Mencuci Pakaian dengan Air Seperlunya

Sama dengan hemat air saat mencuci piring, cuci pakaian dengan cara mencuci pakaian yang kotorannya atau kelunturannya lebih sedikit terlebih dahulu. Setelah itu cuci pakaian yang sangat kotor. Beginilah cara kita bisa menghemat penggunaan air saat mencuci baju.

6. Gunakan Kembali Air untuk Menyiram Tanaman

Cara mudah dan sederhana untuk menghemat air yang terakhir adalah dengan menggunakan kembali air yang sudah kita gunakan (reuse water). Pasti anda beranggapan bahwa air yang sudah kita gunakan itu kotor dan tidak bisa digunakan kembali. Akan tetapi air hasil mencuci sayur dan buah bisa kita gunakan lagi untuk menyiram tanaman. Jadi air yang telah digunakan untuk mencuci buah dan sayur dikumpulkan di ember kemudian digunakan untuk menyiram tanaman. Mudah bukan?

Demikian cara mudah dan sederhana untuk dapat menghemat penggunaan air. Menghemat air bukan saja menghemat keuangan tetapi anda juga dapat menyelamatkan lingkungan. Mari lakukan penghematan air mulai sekarang.

Econews/Liya Amaliyah

Sumber:

https://www.kompasiana.com/chikitawidhaswara/permasalahan-dan-solusi-tentang-krisis-air-bersih-di-indonesia_54f91d26a33311f1068b46f0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: