Selain Menyehatkan Gaya Hidup Ini Juga Dapat Menyelamatkan Lingkungan Lho!

Telinga kita pasti tidak lagi asing dengan isu global warming, efek rumah kaca dan menipisnya lapisan ozon di bumi kita tercinta ini. Bahkan, istilah yang kini lebih populer disebut climate change masih hangat diperbincangkan oleh berbagai pihak. Permasalahan tersebut tidak terlepas dari aktifitas fisik manusia, yang mana menuntut kita untuk siap siaga menghadapi kerusakan lingkungan kapanpun dan dimanapun. Berbagai “ketidakramahan” alam yang mulai tampak pun mulai menggerakkan nurani kita melalui berbagai komunitas, organisasi, lembaga, partai maupun perusahaan yang mengampanyekan lingkungan hijau. Berbondong-bondong, mereka mengajak masyarakat serta pemuda-pemudi untuk melakukan aksi penyelamatan lingkungan, mulai dari gerakan Clean Up Day, Hari Peduli Sampah Nasional, dan lain-lain. Namun, tahukah kamu? Kamu juga dapat melakukan aksi penyelamatan lingkungan tanpa harus bergabung dengan sebuah komunitas terlebih dahulu, cukup melalui gaya hidup yang kamu jalani! Setidaknya ada tiga hal yang bisa kamu lakukan untuk dapat menjaga bumi dari kerusakan lingkungan

  1. Menjadi Vegetarian Untuk Mengurangi Global Warming

Menjadi vegetarian tidak hanya membuat tubuhmu lebih sehat tetapi kamu juga bisa menyelamatkan lingkungan. Sebuah studi yang diterbitkan Proceedings of The National Academy of Sciences menyatakan, sebenarnya manusia dapat menghemat tiliunan dollar yang berasal dari biaya rumah sakit dan meninggal akibat emisi gas rumah kaca. Syaratnya, semua manusia harus semakin sedikit mengonsumsi daging hewan.

Hubungan antara pemanasan global dengan gaya hidup vegetarian adalah salah satu organisasi bentukan PBB, FAO (Food and Agriculture Organization) pada tahun 2006 merilis sebuah laporan, bahwa industri peternakan dunia menyumbang gas rumah kaca sebesar 18%. Presentase ini jauh lebih tinggi dari pencemaran lingkungan akibat polusi kendaraan bermotor dunia yang hanya menyumbang sebesar 13,5%. Polusi yang tinggi dari industri peternakan tersebut berasal dari listrik, transportasi, polutan metana dari tubuh hewan sampai limbah kotoran.

Hal ini menyadarkan kita bahwa ternyata jika setiap hari kita memakan daging maka kita akan semakin memperparah kerusakan lingkungan. Dengan tidak mengkonsumsi daging merupakan langkah tepat untuk ikut serta dalam penyelamatan bumi.

2. Bersepeda Untuk Menyelamatkan Lingkungan Dari Emisi Gas CO2

Kita sudah sering mendengar bahwa dengan bersepeda kita sudah melakukan olahraga ringan tanpa bahan bakar dan membuat jantung lebih sehat. Bahan bakar yang dibutuhkan hanya kalori untuk mengayuh sepeda. Selain menyehatkan jantung tanpa sadar dengan bersepeda kita telah melakukan penyelamatan lingkungan karena dapat menurunkan gas CO2 yang dihasilkan dari sisa pembakaran kendaraan bermotor. Sehingga dari segi lingkungan, bersepeda adalah salah satu transportasi yang aman untuk digunakan sebagai bentuk dari aksi penyelamatan lingkungan karena sepeda tidak menggunakan bahan bakar sehingga tidak menghasilkan gas CO2. Bayangkan berapa karbondioksida yang dihasilkan dari kendaraan bermotor di seluruh dunia setiap harinya. Jadi jangan tinggalkan kebiasaan bersepeda karena dengan bersepeda kamu telah berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan dari kerusakan.

3. Tidak Merokok Dapat Mengurangi Polusi Udara

Merokok adalah gaya hidup yang tidak sehat. Kita semua sudah tahu bahwa dalam kemasan rokok tertera peringatan “merokok membunuhmu!” di dalam rokok ada lebih dari 70 zat kimia yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Bukan hanya kandungan zat yang ada di dalam rokok tetapi, asap yang dihasilkan dari pembakaran rokok ini tidak kalah bahayanya sehingga orang yang menghirup asap rokok akan terkena resiko lebih besar untuk terkena penyakit seperti jantung koroner, kanker, penyakit pernapasan dan sebagainya dibandingan dengan orang yang menghisap rokok tersebut.

Selain berbahaya bagi kesehatan, tentu saja asap dari rokok ini dapat menyebabkan polusi udara. Dari udara yang sehat dengan adanya asap rokok udara menjadi tidak sehat sehingga asap rokok ini adalah salah satu penyebab polusi udara. Oleh karena itu, dengan tidak merokok kita dapat memiliki tubuh yang sehat dan juga lingkungan yang sehat.

Semakin hari kita merasakan efek dari kerusakan lingkungan, sebagai manusia yang hidup di bumi kita harus berperan dalam menjaga bumi dari kerusakan yang lebih parah. Dengan melakukan tiga gaya hidup di atas kita sudah dapat melakukan aksi penyelamatan lingkungan tanpa harus bergabung dengan organisasi peduli lingkungan.

Eco News – Liya Amaliyah

Artikel rujukan : PENGARUH MASALAH LINGKUNGAN GLOBAL TERHADAP MANUSIA di akses pada 12 September 2018 dari (https://www.batan.go.id/ensiklopedi/01/01/02/03/01-01-02-03.html)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: