Green Life Style : Mudah dan Sehat Untuk Lingkungan Kita

Saat ini kita telah merasakan bahwa pada siang hari bumi semakin panas, terik matahari semakin menyengat efek dari sinar ultraviolet membuat kulit terbakar dan memerah. Semakin berkurangnya lahan hijau, menjamurnya industri di kota-kota besar dan semakin banyaknya kendaraan yang melintas di jalan raya menyumbang sebagian besar polusi udara yang menyebabkan semakin menipisnya lapisan ozon.

Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai generasi muda yang aktif? Berbagai organisasi peduli lingkungan semakin berkembang baik di kota maupun di kabupaten baik dari kelompok besar maupun kelompok kecil terus berupaya mengkampanyekan kelestarian lingkungan dan green life style. Untuk menyelamatkan lingkungan, pertama, mulai dari diri sendiri. Serbisa mungkin jalani aktivitas yang tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan sekitar kita. Bagaimana caranya?

  1. 05:00– Bangun Tidur

Mulai dari bangun tidur, jangan lupa mematikan lampu, jangan lupa gunakan lampu hemat energi, jangan menggunakan lampu pijar yang boros. Saat ini sudah ada lampu LED (light emitting diode) yang hemat energi walau harganya cukup mahal tapi bisa bertahan beberapa tahun.

  1. 06:00– Mandi

Saat mandi gunakan air secukupnya. Jangan menggunakan shower karena shower dapat menjadikan penggunaan air jadi boros. Namun jika sudah terbiasa, matikan terlebih dahulu jika menggunakan sabun atau shampoo. Sehingga hal itu akan menghemat penggunaan air.

  1. 07.00– Beraktivitas

Saat akan beraktivitas ke kantor, kampus atau sekolah gunakan kendaraan umum. Jika lokasinya dekat, gunakan sepeda. Transportasi termasuk penyumbang 14% emisi gas rumah kaca yang memperburuk kondisi global warming. Menggunakan sepeda dapat mengurangi setidaknya polusi udara dari asap kendaraan yang ditimbulkan. Selain itu menggunakan sepeda juga dapat menyehatkan jantung.

  1. 08.00 – 11.59– Aktivitas di Dalam Ruangan

Saat beraktivitas di tempat kerja, kampus atau sekolah gunakan tangga jika hanya naik atau turun 1 atau 2 lantai. Selain membuat badan sehat juga akan sangat menghemat penggunaan listrik. Hindari mencetak kertas untuk hal-hal yang tidak penting, cukup menggunakan email. Bayar segala tagihan secara online. Selain menghemat kertas, juga menghemat energi untuk berkendara. Matikan monitor komputer saat tidak digunakan.

  1. 12.00 – Makan Siang

Saat makan siang, tolak styrofoam, karena bahan ini sulit terurai. Kita bisa membawa bekal dari rumah atau makan di tempat langsung. Kita bisa bisa melihat sampah-sampah yang berada di sungai didominasi oleh styrofoam yang mengapung. Bahan ini selain dapat merusak lingkungan juga membahayakan kesehatan akibat dari bahan kimia di dalamnya.

  1. 13.00– Belanja

Saat belanja tolak kantong plastik, kecuali yang terbuat dari bahan ramah lingkungan dan mudah terurai. Lebih baik bawa kantung sendiri saat belanja. Pilih produk dengan kemasan minimal, kemasan yang berlebihan hanya akan menambah mahal harga produk dan nyampah.

  1. 14.00-18.59– Memilah Sampah

Usahakan untuk memilah sampah, sediakan beberapa tempat sampah yang menampung beberapa jenis sampah. Manfaatkan sampah dengan menyediakan kompos di lingkungan permukiman. Dari hasil sampah bisa dipilah menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik bisa dijadikan kompos, sedangkan sampah anorganik bisa dipilah lagi menjadi produk daur ulang.

  1. 19.00-21.59 – Matikan AC

Coba matikan AC dan buka jendela lebar-lebar sehingga kita bisa merasakan hembusan angin yang menyegarkan. Selain itu mematikan AC juga dapat menghemat listrik yang kita pakai.

  1. 22.00-04.59– Matikan Lampu Saat Tidur

Matikan lampu saat akan tidur. Jika menggunakan AC pasang timer sampai kira-kira kita bisa tertidur dengan pulas. Selain untuk mengurangi penggunaan listrik, tidur dengan tidak menyalakan lampu membuat tubuh menjadi sehat karna salah satu hormon melatonin yang ada di tubuh bekerja pada saat malam hari dan optimal dalam keadaan gelap atau redup.

Itulah langkah-langkah mudah yang bisa kita lakukan setiap harinya demi menjaga kelestarian alam dan mempertahankan hijaunya bumi kita. Hal-hal sederhana yang di mulai dari diri sendiri akan menimbulkan dampak bagi lingkungan sekitar.

Eco News – Liya  Amaliyah

Sumber:

Maulana, H. 2014. Langkah Kecil Untuk Selamatkan Lingkungan, (Online), https://www.wwf.or.id/?31942/langkahkeciluntukselamatkanlingkungan, diakses pada 16 Oktober 2018.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: