Kamu Milenial Cerdas? Coba 8 Gaya Hidup Zero Waste Lauren Singer Ini

Sejak 2013, Lauren Singer asal New York, Amerika Serikat, menerapkan gaya hidup zero waste di setiap aktivitasnya. Ia berusaha menghasilkan sampah seminimal mungkin. Memang sulit untuk meneladani langsung seluruh aktivitas bebas sampahnya Lauren, tapi kita bisa memulai  dengan yang paling pas dengan kita dulu, bagaimana? Yuk, segera menjadi bagian penyelamat lingkungan bersama Lauren, ini dia aktivitas zero wastenya.

  1. Memakai Peralatan Ramah Lingkungan

Ada yang suka bawa bekal makan siang saat bekerja atau sekolah? Lauren punya tips nih. Ia tidak menggunakan plastik sebagai wadah makanannya, tapi menggunakan mason jar atau wadah yang terbuat dari bahan yang sama dengan wadah selai. Pasti tahu kan? Selain unik, kamu ditantang untuk terlihat beda nih. Keren kan?

 

Lauren juga selalu menggunakan peralatan yang reusable yang dapat digunakan berkali-kali, non-toxic atau sedikit mengandung bahan kimia, dan non-plastic. Lauren juga menggunakan sikat gigi dengan bahan dari bambu bahkan sedotan stainless steel. Wow! No plastic no toxic, dear.

  1. Membeli Baju Bekas

Pengguna internet aktif pasti tahu kalau sekarang banyak penjual pakaian bekas yang masih bagus. Lauren yang tetap modis dan cantik ini menggunakan baju bekas lho! Tujuannya apa sih? Mengurangi sampah dari proses produksi baju baru tentunya. Gimana? Yuk coba cari baju bekas.

  1. Membawa Tas Kain untuk Mengganti Kantong Plastik saat Berbelanja

Sudah sering kan kita membaca anjuran untuk membawa tas sendiri saat berbelanja? Sudah pada praktik belum? Nah, si Lauren cantik ini bahkan menyiapkan kantong-kantong kain kecil untuk tempat beras, kacang, dan roti yang ia beli. Selain itu, ia juga selalu membawa sendiri tempat telur. Dengan begitu, Lauren benar-benar terbebas dari kemasan plastik. Yang jelas, seluruh yang disiapkan Lauren reusable ya. Berani jadi agen bebas plastik seperti Lauren? Kalau tidak dimulai sekarang, mau kapan lagi?

  1. Mencuci Baju Sendiri

Kerja pulang sore bahkan malam, sekolah dan kuliah membuat kita lupa waktu karena tugas sangat banyak. Cuci baju serahkan ke penatu lah ya. Efisien, praktis, dan bersih tentunya. Bagaimana kalau ternyata limbah penatu itu merusak lingkungan? Secara nggak sadar kita juga ikut andil kan dalam kegiatan merusak ini? Mulai cuci baju sendiri seperti Lauren yuk. Lauren juga menghindari dry cleaning service karena menggunakan bahan pembersih yang dapat merusak lingkungan. Awalnya memang sulit sih, tapi kalau setiap mandi kamu mencuci baju yang kamu pakai, admin yakin nih, baju kalian gak bakalan numpuk. Kalau gak banyak, otomatis gak ke penatu kan ya? Lets washing our clothes by our hand!

  1. Membeli Sampo dan Kondisioner Curah

Lauren mah keren banget. Dia tidak memerhatikan merek tertentu untuk peralatan mandinya. Bahkan membawa sendiri wadah untuk beli sampo. Fokus Lauren adalah tidak menghasilkan sampah sesedikit mungkin. Saat membeli sampo, pasta gigi, dan kondisioner curah, Lauren membawa botol kaca yang juga reusable. Sekali lagi Lauren dapat terbebas dari kemasan plastik. Kabarnya, ia juga sering membuat shampo dan pasta gigi sendiri. Tertarik beli produk curah?

  1. Mengganti Produk Pembersih dengan Cuka Putih

Lauren menggunakan cuka untuk membersihkan kaca, meja, merendam baju kotor, dan mengepel lantai alih-alih menggunakan produk pembersih,. Tentu saja dengan kadar yang sesuai ya. Kamu bisa coba dengan melihat lebih jauh cara menggunakannya. Jangan memraktikkan secara asal ya. Buka Google atau Youtube dulu ya.

  1. Membuat Kopi Sendiri

Meskipun masih muda dan tinggal di New York, Lauren tidak suka membeli kopi di Starbucks. Dia lebih suka meracik kopinya sendiri karena dengan begitu dia dapat menghindari gelas kertas sekali pakai. Sesekali beli boleh lah, tapi jangan lupa buang sampah pada tempatnya.

  1. Membuat Produk Kecantikan dan Produk Pembersih DIY

Lauren lebih suka mengurangi penggunaan make-up dan mengandalkan resep-resep berbahan organik seperti bahan alami pengganti deodoran maupun resep body butter. Untuk urusan membersihkan pakaian dan peralatan makan, Lauren memilih bahan-bahan alami. Lauren juga turut menyebarkan resepnya dengan mendirikan simply.co. merek ini menjual produk pembersih berbahan alami yang pastinya ramah lingkungan. Nah, kamu juga bisa mencuri ide Lauren dengan mengandalkan bahan seperti baking soda, cuka, citrus, dan essential oil sebagai produk pembersih.

Muda, cantik, dan tinggal di kota besar tidak menghalangi Lauren untuk menerapkan gaya hidup zero-waste! Lauren sedang berusaha menularkan gaya hidup ini kepada semua melalui akun instagram dan sebuah blog bertajuk trashisfortossers.com.

Yuk praktikin gaya hidup ramah lingkungan Lauren. Kamu bisa mulai dengan yang paling mudah menurutmu, kalau admin sih nerapin yang nomor dua dan tiga dulu ya. Yang lain on proses, hehe. Jadi bagian penyelamat lingkungan bukan tanggungjawab badan tertentu, tanggungjawab ini dipikul oleh setiap orang di dunia. Jangan abai, jangan lalai, segera yuk, kerusakan lingkungan terus terjadi setiap detik, praktik mempertahankan kelangsungan lingkungan tidak bisa menunggu. Do it now!

Dian/Eco News by Great

Nurul Cho/Eco News by Great

Sumber

https://www.yukepo.com/hiburan/life/gaya-hidup-zero-waste-lauren-singer-hanya-hasilkan-satu-toples-sampah-dalam-empat-tahun/

Gambar diambil dari Google: Lauren Singer

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: